Menjaga Keikhlasan Hati dalam Beribadah

  • 5 Years ago

Tanya:

Ustadz, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya senantiasa menjaga keikhlasan hati dalam beribadah? Bagaimana caranya agar menjadi istri dan ibu yang shalihah? Bagaimana caranya meyakinkan hati kita bahwa pilihan Allah adalah yang terbaik dan Allah tidak pernah salah? Terima kasih sebelumnya.

 

Jawab :

Pertama, keikhlasan dalam ibadah itu adalah dengan melaksanakan ibadah hanya untuk Allah semata, tidak mengharap sanjungan atau pujian manusia, dengan selalu mengingat bahwa hidupnya dia pertanggungjawabkan hanya kepada Allah, dan Allah-lah yang menentukan surga atau neraka baginya.

Kedua, seorang istri yang shalihah adalah yang mengetahui bahwa kebaikan dirinya dan ibadahnya kepada Allah adalah keberadaannya di rumah mengurus suami dan anak-anaknya, dengan menuntut ilmu agama dan memperbanyak ibadah-ibadah kepada Allah.

Ketiga, mengetahui bahwa pilihan Allah adalah yang terbaik merupakan bagian dari keimanan kepada takdir Allah. Hendaknya seseorang memperdalam pemahamannya tentang keimanan kepada takdir sehingga dia memahami bahwa Allah Maha Adil dalam segala keputusan-Nya.

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »

1 Comment Already

  1. Afwan Ana mau tanya sebagaimana pandangan sebagian orang tentang Hal-hal yang di alami seseorang selama berhaji berhubungan dengan amal perbuatannya sebelum berhaji, misalnya bila seseorang selama berhaji banyak mendapatkan rintangan karena sebelum berhaji banyak berbuat dosa, benarkah hal tersebut? Jazaakallohu Khaer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

63 − = 61