Sebagian Kalian adalah Fitnah

  • 5 Years ago

Allah Subhânahu wa Ta’âlâ berfirman,

وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ وَكَانَ رَبُّكَ بَصِيرًا

“Dan kami jadikan sebahagian kalian cobaan terhadap sebahagian yang lain. Maukah kalian bersabar? Dan adalah Rabbmu Maha Melihat.” [Al-Furqân: 20]

Demikianlah ketentuan Allah ‘Azza Wa Jalla bahwa dunia ini adalah negeri ujian, fitnah, dan cobaan.

Sebagian manusia adalah ujian dan fitnah terhadap sebagian yang lainnya.

Para nabi adalah ujian kepada setiap umatnya untuk diketahui siapa yang taat lagi menerima dan siapa yang menolak lagi menyelisihi.

Ketentuan ujian ini juga terjadi antara si kaya dan si miskin, pemerintah dan rakyatnya, yang sehat dan yang sakit, yang pandai dan yang bodoh, yang kuat dan yang lemah, yang tua dan yang muda, orang tua dan anaknya, suami dan istrinya, laki-laki dan perempuan, serta yang mulia dan yang hina. Sebagian mereka adalah ujian terhadap sebagian yang lainnya agar Allah melihat siapa yang bersabar di atas hal yang dicintai dan diridhai oleh Allah dan siapa yang tidak mengeluh dan keluar dari perintah Allah.

Firman-Nya, “…dan adalah Rabbmu maha Melihat” adalah peringatan bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang diperbuat oleh hamba dalam menjalani ujian ini, dan Allah akan menghisap segala amalan yang mereka lakukan.

Berhiaslah dengan kesabaran dalam ujian dan cobaan yang telah menjadi ketentuan Allah. Buah dan manfaat dari kesabaran adalah hal yang telah dimaklumi.

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 21 = 22