Tentang Mendatangi Dukun Bayi

  • 5 Years ago

Pertanyaan

Mohon penjelasan tentang hukum minta tolong kepada ‘dukun bayi’ ketika persalinan, yang belum jelas kepastiannya apakah ia menggunakan ‘doa-doa khusus’ atau tidak. Jazakumullahu khairan.

 

Jawaban

Untuk pertanyaan ini, ada beberapa hal yang perlu saya jelaskan:

Pertama, istilah “dukun bayi” belum tentu bermakna dukun yang sering mengaku mengetahui ilmu ghaib dan semisalnya. Hal ini karena, dalam masyarakat kita, istilah tersebut banyak dipakai dalam makna bidan menurut istilah umum. Oleh karena itu, kita harus membedakan dua hal: antara dukun yang mengaku mengetahui ilmu ghaib (yang tentunya diharamkan untuk meminta bantuan darinya) dan bidan (merupakan suatu keahlian/bidang pekerjaan yang baik dan diperbolehkan).

Kedua, doa-doa yang dibaca dalam perbidanan tergolong ke dalam pembahasan ruqyah. Sementara itu, ruqyah yang disyariatkan harus memenuhi beberapa syarat: (1) harus diyakini bahwa manfaat itu datang dari Allah, (2) tidak menyalahi syariat, dan (3) hendaknya menggunakan bahasa yang dipahami dan dimaklumi.

Wallahu A’lam.

 

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »

5 Comments Already

  1. Bismillah..
    afwan dalam foto diatas terdapat tangan seorang wanita yang memegang kaki bayi. Apakah boleh menampakkan tangan wanita dimana tangan wanita adalah aurat untuk tidak dipamerkan termasuk foto diatas?.. Mohon tanggapannya..Barokallahufikum..

  2. Bismillah

    Mohon berlangganan

  3. Mmm kan ke baik kalau semua blogger camnie… saya suka post awak.
    . tahniah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 1