Share:

Home » Audio, Featured, Khutbah » Tiga Kaidah Kehidupan

Bookmark and Share

tiga_kaidah_kehidupan_Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan suatu kaidah kehidupan dalam sebuah hadits mulia. Hadits dari sahabat Abu Said Saad bin Malik bin Sinan radhiyallahu ‘anhuma, مَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ “Barangsiapa yang merasa cukup, maka Allah akan berikan kecukupan kepadanya, dan barangsiapa menjaga kehormatan dirinya, maka Allah akan menjaga kehormatannya, dan barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan jadikan kesabaran untuk dirinya”.

Pelajaran yang begitu berharga. Berisi pengajaran untuk mengisi kehidupan dengan sikap ‘afif, menjaga kehormatan diri, serta tidak meminta-minta kepada manusia. Juga berisi tentang bentuk tawakal yang sempurna kepada Allah dan bersabar dari kepayahan yang menimpa.

Demikian kutipan dari materi Khutbah Jum’at yang disampaikan pada Jum’at 20 Muharram 1438 / 21 Oktober 2016 di Masjid As-Sunnah Makassar.

Semoga Allah menjadikan Kita semua sebagai hamba-hambanya yang senantiasa menjaga kehormatan dirinya, merasa cukup dengan apa yang diberikan, serta bersabar terhadap hal yang menimpanya. Itulah kunci kebahagian hidup. Baarakallah fikum.

Bookmark and Share

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

© 1434 H / 2013 Dzulqarnain.Net · Developed by Abu Fudhail Ulla · Powered by WordPress