Allah Subhânahu wa Ta’âlâ berfirman,
فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى، وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى، فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى
“Adapun orang yang melakukan pemberian dan bertakwa,serta membenarkan adanya pahala yang terbaik,maka Kami akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.” [Al-Lail: 5-7]
Ada tiga sebab kemudahan yang diterangkan dalam ayat di atas,
Pertama, kebiasaan berbagi.
Firman-Nya, “Adapun orang yang melakukan pemberian” adalah bersifat umum, mencakup pemberian dalam bentuk manfaat maupun dalam bentuk harta. Pemberian manfaat terkadang dengan ilmu pengetahuan, lisan, tenaga, dan pikiran.
Kedua, menjaga diri di atas ketakwaan.
Allah juga telah menjamin, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” [Ath-Thalâq: 2-3], “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” [Ath-Thalâq: 4]
Ketiga, meyakini adanya Al-Husnâ ‘Pahala yang terbaik’.
Al-Husnâ ditafsirkan oleh para ulama dengan beberapa penafsiran, (1) Lâ Ilâha Illallâh, (2) Surga, (3) Pembalasan pahala, (4) Ganti Pemberian, (5) Nikmat yang Allah berikan, dan (6) Shalat, zakat dan Puasa. [Tafsir Ibnu Katsir dan Zâdul Masîr]
Menurut Ibnul Qayyim, jiwa itu memiliki tiga kekuatan: kekuatan memberi, kekuatan menahan, dan kekuatan pemahaman. Kebaikan dan kebahagian seorang hamba adalah dengan kesempurnaan tiga kekuatan ini, dan kesengsaraan seorang hamba adalah dengan rusaknya tiga kekuatan ini. Seorang yang rusak kekuatan memberinya, akan kehilangan keinginan berbuat baik dan berbagi kepada manusia. Seorang yang rusak kekuatan menahannya, akan keluar dari jalur ketakwaan. Seorang yang rusak kekuatan pemahaman dan ilmunya, akan mendustakan adanya Al-Husnâ.
Siapa yang menjaga tiga sebab yang tersebut dalam ayat, Allah akan memberikan kepada segala kemudahan dengan berbagai maknanya, dan akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.
Renungilah ayat yang agung ini dan amalkan dalam kehidupan, jika anda menghendaki kemudahan.