Share:

Home » Tanya Jawab Ringkas » Hukum Memajang Boneka Berbentuk Hewan

Tanya:

Afwan, mau tanya. Bagaimana hukumnya memajang dan mengoleksi boneka hewan-hewan terlebih yang berbentuk anjing dan babi.

Jawab:

Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam hanya memperbolehkan mainan berbentuk/bergambar hanya untuk anak perempuan saja. Mainan tersebut terbagi dua:

  1. Bentuknya hanya mengandung keserupaan dengan makhluk bernyawa tapi tidak sama. Hal yang seperti ini Insya Allah tidak masalah.
  2. Memiliki bentuk yang sama dengan makhluk bernyawa, terkadang pada sebagian mainan itu memiliki gerakan dan suara. Hal yang seperti ini sebaiknya ditinggalkan karena masuk ke dalam keumuman hadits-hadits yang melarang gambar makhluk bernyawa.

Tidak diperbolehkan pada mainan tersebut berupa hewan yang diharamkan seperti anjing dan babi. Juga tidak diperbolehkan memajang mainan-mainan tersebut di tempat terbuka sebagai hiasan, bahkan setelah penggunaan mainan-mainan itu disimpan pada tempat yang tidak menampakkannya.


Artikel Lainnya :
Belum ada artikel yang berkaitan dengan artikel diatas
>

1 Comment

  1. Siti aminah nazty says:

    As wr wb
    saya ingin bertanya nih, bagaimana hukumnya kalau boneka beruang? Biasanya kan buat peluk2 gitu gemesin temenin tidur. Bahkan sampai perempuan dewasa masih memilikinya sbg teman tidur. ?? Saya juga bgitu sih.. Hehe

Leave a Reply

© 1434 H / 2013 Dzulqarnain.Net · Developed by Abu Fudhail Ulla · Powered by WordPress