Tentang Al-Ma’tsurat karya Hasan Al-Banna

  • 5 Years ago

Tanya:

Afwan ustadz, ana ada pertanyaan. Al-Ma’tsurat itu apa ya? Menurut teman, Al-Ma’tsurat isinya kumpulan wirid yang ma’tsur (yang dulu dipakai oleh Rasul). Mulai dari pertama sampai akhir ada dalil shahihnya. Bukan karangan Hasan Al-Banna. Beliau hanya mengumpulkan dan membantu mengurutkan wirid yang biasa digunakan Rasul supaya memudahkan kaum muslimin mempergunakan. Mohon penjelasannya ustadz. Apakah shahih wirid dan dzikir yang ada dalam Al- Ma’tsurat tersebut? Jazakallaahu khairan.

 

Jawab:

Tidak benar bahwa buku Al-Ma’tsurat karya Hasan Al-Banna hanya berisi hadits shahih, tetapi terdapat pula hadits lemah bahkan palsu. Selain itu, juga terdapat beberapa bentuk bid’ah pada sebagian isi buku tersebut. Hal ini terjadi karena Hasan Al-Banna bukanlah tergolong ke dalam ulama, melainkan hanya seorang pegiat dakwah sebagaimana yang dinyatakan oleh Syaikh Al-Albâny, Syaikh Muqbil, dan selainnya.

Tiada ulama ahlus sunnah terkenal pada masa ini yang menganjurkan untuk membaca buku tersebut. Masih banyak buku-buku dzikir yang lebih baik dan lebih bermanfaat.

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »

2 Comments Already

  1. Assalamu’alaikum Warahmatullah.
    Ustadz ana ingin tanya apakah Syaikh Al-Albâny ini adalah seorang ulama ???Siapa yang mengatakan beliau adalah seorang ulama ??? Lalu beliau belajar dengan siapa ya ustadz ???

    Jazakallah khoir …
    Wassalamu’alaikum Warahmatullah …

  2. Jazaakallah ustadz.

    Syaikh Al-Albani adalah Seorang ulama, ma’ruf keulamaannya. Ditazkiyah para ulama. Gurunya banyak, mulai umur 10 s.d 20 tahun dia belajar kepada banyak ulama di syam (syiria) dan mendapat banyak ijazah (ijin) dakwah dari para masyaikh disana, meski untuk fiqh, ada banyak gurunya yang bermadzhab hanafi. Adapun gurunya dalam ilmu hadith, sudah ma’ruh seperti syaikh ath-thabaqh, dll. beliau menspesialisasikan belajar hadits, sejak umur 20 s.d akhir hayatnya. Kelebihan beliau adalah, beliau diberi Allah karunia meneliti manuskrip-manuskrip kitab-kitab ulama sunnah di perpustakaan azh-zhohiriyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 2